Selasa, 21 Oktober 2014

Resep Tahu brontak ala Padang

Suatu hari bingung mau makan apa, jadi teringat sama suasana zaman kos di Padang dulu... kalo lagi malas makan senangnya pergi ke ulak karang untuk beli tahu brontak pak Ujang, letaknya di simpang yang dekat dengan Bank BRI ulak karang (heeee gak begitu tau nama tempatnya). Pas liburan kepadang 4 bulan yang lalu ngajak bang dedy dan anak-anak merasakan tahu brontak ini, awalnya siabang bilang dimana-mana yang namanya bakwan itu rasanya sama aja yang penting pas dimakan masih dalam kondisi hangat (belum tau beliau dasyatnya rasa tahu brontak uka ini), aku sich senyumnya takut juga terlalu berlebihan promosinya, karena enaknya jajanan waktu ngekos itu beda ama enaknya sekarang (heeeee dulukan kondisi dompet masih haarga anak kos). Pas beli pun gak mau banyak-banyak 10 aja cicip dulu kata bang dedy, sekali pas nyampe dimulut beliau langsung bilang enak ya, kok bisa beda sama gorengan ala bakwan yang selama ini abnag makan???? ehm aku sich senyum aja, yah.... akunya yang pengen banget ama si tahu ini cuma makan dua buah selebihnya yah bang dedy lah.... heeee akhirnya kami mutar lagi beli lagi tahu brontak ini 30 buah. permasalahan mencari yang jaul tahu brontak ini adalah si mama tata dan azzam ini kan mental mapnya jelek banget jadi aku cuma tau tempatnya di ulak karang tok heeeee, Dengan bantuan GPS si terios adventure itu akhirnya dapat juga lokasi penjual tahu brontak ini (aku cuma ingat diulak karang dekat BRI nya, payah mentalnya bad map kata si abang).
Liburan ke Padang sebenarnya tidak terencana, dari Jambi kami di tugaskan menjadi pengawas independent pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA, waktu ujiannya cuma 3 hari tapi niatnya di kerinci sampai minggu, karena waktu ujiannya selesai hari Rabu jadi nanggung juga pulang cepat-cepat ke Jambi dan mama juga lagi banyak gawean di kantornya jadi gak efektif juga di Kerinci lama-lama. alasan lainya juga karena perjalanan dari Jambi ke kerinci itu kondisi jalannya ketemu tikungan eh nikung lagi dalam tikungan itu ( heeeee lebai ya.... jalannya itu berkelok-kelok banget), alasan lainnya yang lebih ekstrim ngabisin sisa honor ngawas ujian (heeee ini sich alasan mama tata dan azzam sich).
Dari Kerinci kami berangkat pagi biar bisa lihat pemandangan hamparan kebun teh, fotonya belum ketemu oiii ntar kalo ketemu di masukin deh, karena pemandangannya bagus banget, kebun teh itu letaknya di Kayu Aro sebelum ketemu kebun teh kita bisa menyaksikan perkebunan kayu manis atau casia vera, dari kejauhan terlihat seperti permadani yang terbentang luas berwarna merah kehijauan (sayang banget fotonya belum ada), melewati kebun kayu manis dan kebun teh kita bisa berenti di air terjun telun berasap (kenapa dikatakan berasap karena hempasan air dari atas kebawah disambut bebatuan sehingga percikan airnya mantul lagi keatas seperti asap dan air terjun ini termasuk ke dalam geopark merangin), sebelumnya kita bisa berenti juga sejenak menikmati jeruk kayu aro yang kecil-kecil tapi rasanya manis banget dan terung perus biasanya travel kerinci padang sering berenti disini.
melewati daerah kerinci kita memasuki wilayah sumbar, gak kerasa perjalanannya karena pemandangan alam yang masih asri, banyak wisata kuliner yang bisa kita cicipi sepanjang perjalanan rumah makan yang gak diragukan lagi rasanya secara orang sumbarkan hebat masak (gak ada ya yang namanya rumah makan padang di daerah sumbar) kita juga bisa berenti di alahan panjang daerah ini banyak sekali orang yang menjual markisa, oya selain beli markisa jangan lupa ya mencicipi kacang kulit yang udah dimasak dengan pasir panas (pengganti minyak goreng kali ya...) rasanya gurih banget..... masalah tempat sholat gak masalah disini betebaran mesjid atau mushala yang bersih dan airnya mengalir deras oya saya merekomendasikan mushala/mesjid ibu yang letaknya dialahan panjang, mesjidnya modern banget, toiletnya berrsih banget....
Sampai juga kami berempat di kota Padang, tempat yang pertama dikunjungi ya nyari hotel karena sikrucil berdua ini udah rewel pengen ngerebahin badan di kasur, tempat yang rekomendit bawa anak-anak bisa liat laut dan bisa berenang ya pangeran beach hotel, di hotel ini gak usah lagi susah-susah ke tepi pantai karena udah dekat pantai sich. Hotel kami dapatkan dari booking.com karena lebih murah dibandingkan langsung bayar dihotel, harga di booking.com 670 ribu harga di agoda 690 ribu dan harga langsung di hotel 920 ribu lumayan kan bedanya....



Alhamdulilah di Jambi juga sudah ada yang jual Judulnya ya Tahu Brontak Padang, lokasinya ada di daerah Mayang, depannya rumah sakit MMC, nah kalo lagi malas keluar dan pengen makan tahu brontak ala padang ini berikut saya tulis cara membuatnya (tentunya ala mama tata dan azzam heee)

Bahan
  1. Tahu putih ukuran sedang 3 buah digoreng (dipotong persegi tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal)
  2. tepung terigu 150 gram
  3. tepung beras 3 sendok makan (untuk mendapatkan rasa kriuk-kriuk)
  4. bawang merah 7 siung (diiris kecil-kecil)
  5. bawang putih 4 siung (diiris kecil-kecil)
  6. kol (4 lembar dibuang bagian keras yang ditengahnya trus diiris tipis-tipis dan dipotong lagi kecil-kecil, kol sedikit saja karena kalo kebanyakan tahunya gak kerasa yang dominan rasa kol aja jadi namanya gak tahu brontak lagi tapi udah berubah jadi bakwan)
  7. bawang daun 3 lembar(diiris tipis-tipis dan dengan ukuran yang kecil-kecil, kalo gak suka dan lagi gak ada di rumah boleh di skip ya)
  8. Air secukupnya untuk mendapatkan adonan tahu brontaknya (jangan kental dan jangan encer)
  9. Garam 1 sdm
  10. Gula 2 sdm (sesuai selera/ gula dan garam berfungsi sebagai penyedap jadi kalo suka pake penyedap boleh ditambahkan kedalam bahan ini,kebetulan saia selalu menghindari pemakaian penyedap jadi penggunaannya saia skip)
cara membuat:
  1. Sediakan baskom/tempat yang agak besar biar leluasa pas mengaduk adonan
  2. Tuangkan semua bahan kedalam baskom kecuali tahu, garam, gula dan air
  3. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
  4. gula dan garam diaduk didalam air hal ini berfungsi agar kedua bahan ini bercampur rata
  5. tambahkan air dan air garam+gula kedalam bahan tadi, usahakan adonan tidak terlalu kental karena jika terlalu kental tekstur tahu brontaknya jadi sedikit keras/bantat tidak gurih, dan jangan terlalu encer karena kalo encer bahannya tidak menyatu dengan baik
  6. panaskan minyak goreng, lalu masukkan tahu satu persatu kedalam adonan (posisi tahunya diusahakan berada dibagian tengah adonan, jadi kenapa makanan ini dikasih nama tahu brontak,karena tahunya berada ditengah pas digoreng dia brontak mau keluar makanya jika udah masak tahu brontak ini, posisi tahunya udah nyempil sedikit)
  7. sajikan bisa hangat bisa dingin rasanya sama-sama enak, dan dimakan dengan saus dan sambal atau cabe rawit.
Catatan:
Tahu bisa diganti dengan telur atau sosis sesuai dengan selera


47 komentar:

  1. sudah pernah buat tahu nya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambar adalah hasil masakan saya, dan resepnya hasil icip icip tahu brontak yang di jual dan hasil googling jg, terima kasih komen nya

      Hapus
    2. Saya sudah coba resep tahu brontaknya mbak. Tapi kok keras ya mbak. Ngak kayak tahu brontak biasanya. Tolong dong mbak

      Hapus
    3. Saya sudah coba resep tahu brontaknya mbak. Tapi kok keras ya mbak. Ngak kayak tahu brontak biasanya. Tolong dong mbak

      Hapus
  2. itu mah bukan tahu brontak,kayak gorengan biaso.
    ntar awak ajarin bikin tahu brontak pak ujang tu, sebab awak pernah jadi anggota pak ujang dulu :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. "itu mah bukan tahu brontak,kayak gorengan biaso.
      ntar awak ajarin bikin tahu brontak pak ujang tu, sebab awak pernah jadi anggota pak ujang dulu :D :D"

      oke mas Aan godek ditunggu resepnya

      Hapus
    2. Emang gimana caranya bikin tahu brontak kayak biasanya mas ?

      Hapus
    3. Emang gimana caranya bikin tahu brontak kayak biasanya mas ?

      Hapus
    4. Bang Aan godek, wak nio lo braja buek tahu brontak kayak Pak Ujang. Bisa tolongan kirim resepnya da? Alamatnya email wak farazihendy@gmail.com..
      Tolong yo da :)

      Hapus
    5. Bang Aan godek, wak nio lo braja buek tahu brontak kayak Pak Ujang. Bisa tolongan kirim resepnya da? Alamatnya email wak farazihendy@gmail.com..
      Tolong yo da :)

      Hapus
    6. Aan godek... Taun bara ang karajo di brontak pak udjang? Aden anak nyo..

      Hapus
    7. Aan godek... Taun bara ang karajo di brontak pak udjang? Aden anak nyo..

      Hapus
    8. Minta donk resep nya aan godek

      Hapus
  3. Ajarkan resepnyo aan godek....samo buek kuahnya...alamaiknyo jalan bengkulu yo? Ambo jl semarang

    BalasHapus
  4. Ajarkan resepnyo aan godek....samo buek kuahnya...alamaiknyo jalan bengkulu yo? Ambo jl semarang

    BalasHapus
  5. Awak nio braja buek tahu brontak mode pak ujang tu. Ado yg bisa bantu uni. Uda. Email wak reno_loebas09@yahoo co.id

    BalasHapus
  6. Awak nio braja buek tahu brontak mode pak ujang tu. Ado yg bisa bantu uni. Uda. Email wak reno_loebas09@yahoo co.id

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum .Uda Aan Godek.. awk rido dari Lubuk basung. Awak nio baraja Baa caro buek Tahu Brontak.JO SAUS nyo. ALA PAK UJANG tu.. Klo Lai ado Resep nyo kirim ka Email wak yo UDA. Rido.TelvisBKT@gmail.com. . Indah nya Nikmat Berbagi.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum .Uda Aan Godek.. awk rido dari Lubuk basung. Awak nio baraja Baa caro buek Tahu Brontak.JO SAUS nyo. ALA PAK UJANG tu.. Klo Lai ado Resep nyo kirim ka Email wak yo UDA. Rido.TelvisBKT@gmail.com. . Indah nya Nikmat Berbagi.

    BalasHapus
  9. Rasanya sama ya mba sm tahu berontax pak ujang ?

    BalasHapus
  10. Rasanya sama ya mba sm tahu berontax pak ujang ?

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum Uda Aan, Mau jg donk resep nya, saya udah berkali2 nyobain resep tp gagal mulu pas ngebentuknya jd bulat. Email saya btjkp03@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  12. pengen tahu sebnranya....hubingi ajh saya,,,resep di atas salah

    BalasHapus
  13. Uni tata dan uda Aan godek bagi dong cara buat sausnya yang kayak tahu brontak pak ujang, sekalian resep buat tahunya. Email ke sini ichenk22@gmail.com. Indahnya berbagi.

    BalasHapus
  14. Uni tata dan uda Aan godek bagi dong cara buat sausnya yang kayak tahu brontak pak ujang, sekalian resep buat tahunya. Email ke sini ichenk22@gmail.com. Indahnya berbagi.

    BalasHapus
  15. Bikin tahu brontak itu gampang2 susah mbak tata.. sy penggila tahu brontak bereksperimen menebak2 resep tahu brontak, dan setelah puluhan kali gagal akhirnya alhamdulillah experimen saya membuahkan hasil. Rasa 98 persen sama hanya bentuk yang belum sempurna..

    BalasHapus
  16. Rahasia resep tahu brontak adalah... eng ing eng.. yang pertama point 3 dan 5 tidak ada... yang kedua ....bla bla bla hehe

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. semua bahan diatas berlebihan mba...
    hehe cuma koreksi saja...
    numpang lewat mbaa :D

    BalasHapus
  19. Waaaww enak, udah lama ni gak makan tahu brontak padang.. ane coba dulu resepnya di rumah kk siapa tau berhasil, makasih tips dan resepnya kk :)

    BalasHapus
  20. Apo resep buek tahu brontak tu buk/pak..?
    ambo nio cuba dagang tahu brontak lo di bandung.. bia tau urang lua gorengan urang minang..
    kalo bisa..
    tolong agiah tau lah ambo caro mambuek tahu brontak tu buk/pak..

    ko alamat email ambo buk/pak.
    kuhakuvi001@gmail.com

    tolong yo pak/buk.. untuk resep nyo,, makasih

    BalasHapus
  21. Uda, uni sekalian..kalau ado yv tahu resep asli tahu brontak, tlg di email k achmad.r.sinaga@gmail.com
    Lah stress wak mancubo resepnyo tp gagal taruih..

    BalasHapus
  22. Uda-uda jo uni sakalian..
    Wak mintak lah resep tahu brontak ko..
    mohon share resepnya ka email wak radni1210@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  23. Sedikit tips. Kolnya di blender biar lembut. Tambahkan setengah sendok teh soda kue agar adonan tidak bantat. Trims.

    BalasHapus
  24. Sedikit tips. Kolnya di blender biar lembut. Tambahkan setengah sendok teh soda kue agar adonan tidak bantat. Trims.

    BalasHapus
  25. Saya sudah coba resepnya dengan sedikit modifikasi. Tepung beras dan bawang merah saya skip aja. Lalu tambahkan setengah sendok teh kunyit halus agar warna lebih cerah dan tidak cepat hangus pas digoreng.Kolnya diblender supaya hasilnya lembut.Tambahkan setengah sendok teh soda kue diamkan adonan lebih kurang 30 menit agar mengembang, tandanya ada gelembung kecil dalam adonan. Lalu goreng hingga kuning keemasan. Hasilnya, anak dan suami saya suka sekali.selamat mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak tipsnya...semoga Allah membalas kebaikan anda...amiiinn

      Hapus
  26. Kirim ambo ciek da., resepnyo.. Nio tes lo yg mode pak udjang tu
    ricko.sufriyadi90@gmail.com

    BalasHapus
  27. Malam semuanya saya juga ingat masa2 dipadang makan tahu brontak pak udjang apalagi masa mahasiswa paceklik hehe pokok nya nikmat bagi teman/kaka yg tau resep nya kirim dong lwt email aliphmr@gmail.com pengen aja nyoba2 dirumah sambil mengenang masa lalu dipadang ...mudah2an kebaikan teman2 disini untuk berbagi info diberi kebaikan juga. Makasih ..

    BalasHapus
  28. di pekanbaru sini juga ada tahu brontak pak udjang, mungkin sama kali ya. pernah beli memang bukan gorengan biasa, rasanya enak dan empuk. jadi ingin tau cara buatnya. yang punya resepnya
    mohon berkenan kirim ke alimutohar@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  29. Sebelum digoreng . , isian dilapisi kulit tepung , seperti halnya dengan risoles , dan dilumuri tepung baru digoreng , silhkan dicoba .

    BalasHapus
  30. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - MapYRO
    Find your way around sol.edu.kg the worrione casino, find where everything 메이피로출장마사지 is wooricasinos.info located with the most up-to-date information about Harrah's septcasino Cherokee Casino & Hotel in Cherokee, NC.

    BalasHapus