Minggu, 30 April 2017

membeli ikan di Reading UK



Sabtu, 30 Mei 2017

Pagi ini kami menikmati libur panjang dengan santainya dirumah, anak-anak malas-malasan dikamarnya sambil baca buku dan main...
Waktu libur seperti ini enaknya bisa nonton bareng si papa karena azzam asyik bermain dengan kakak, alhamdulilah suatu kenikmatan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata melihat mereka tumbuh, pengennya mereka bayi terus biar bisa selalu digendong dan dipeluk.

Bermain bersama disaat papa dan kakak libur itu mengasyikkan, gak perlu bingung pagi-pagi mau masak bekal apa untuk kakak, karena kalo gak sesuai dikit aja ama lidahnya kakak dia langsung gak mau makan, gak repot juga nyiapin sarapan papa, antar jemput kakak... jadi santai aja dirumah...
Hari ini pertama kali papa naik sepeda belanja ke seewoo,dekat karena lewat kampus jadi bisa ditempuh dengan 15 menit pergi dan 30 menit pulang karena pulangnya mendaki jadi butuh waktu yang lebih dari pergi yang jalannya menurun.

Papa membeli cabe merah, disini cabe merahnya lebih murah dibanding beli dikampus atau di rahim store bedanya sampai GBP4 lumayan bisa beli 4 item kalo di poundland. Cabe ,merah merupakan salah satu item yang wajib bagi dapur kami, sebagai orang sumatera kami tidak bisa terpisahkan dari yang namanya sambal, walaupun kami harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk bisa menghadirkan sambal di meja makan... beli cabe rawit GBP1,60/100 gram; tapioca flour untuk buat pempek atau keripik GBP 0,86/500 gram; kecap manis ABC GBP 2,40/botl kaca besar; lemon grass/ serai GBP 0,80; Pangasius steik fish/ikan patin GBP 2,51/500 gram..

Kami selalu membeli ikan beku di seewoo, anak-anak suka makan ikan mackerell dan ikan kembung disini banyak pilihan ikan laut/ikan air tawar. Kadang-kadang kami bisa menemukan ikan-ikan yang lagi offer dan bisa membawa pulang cumi ukuran besar dengan harga GBP2,5/ 800 gram. Di daerah tempat tinggal  tidak ada yang jual ikan segar, yang ada ikan beku juga namun tidak banyak pilihan di store hanya menjual ikan tilapia fillet/ ikan nila dan ikan tenggiri tidak ada pilihan lain.

Orang inggris ini kurang suka bahkan tidak suka dengan ikan sehingga jarang sekali kita menemukan yang menjual ikan segar,  kalo mau makan ikan kita harus ke central. Awal kedatangan kami di Reading cukup kaget karena keluarga kami terbiasa menyantap ikan segar.  Kota Jambi merupakan Daerah Aliran Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera sehingga banyak rawa-rawa yang merupakan habitat ikan-ikan seperti ikan toman, ikan betok, ikan juaro, ikan gabus, ikan ikan ruan, ikan ikan, ikan patin, ikan balido, ikan baung, ikan sebelah, ikan seluang, ikan lambak, ikan sepat dan banyak ikan-ikan lagi yang rasanya nikmat karena disantap fresh. mudah sekali mendapatkan ikan-ikan ini dalam keadaan hidup di pasar atau dipinggiran jalan aur duri, dan sepanjang jalan bluran.

Setelah 4 bulan di Reading kami sudah tidak mau lagi membayangkan enaknya makan ikan segar,  cukup mensyukuri nikmat yang ada. Kami lebih banyak makan daging dan ayam karena memang itulah yang banyak dijual disekitar wokingham road, dan harus lebih banyak bersyukur karena bisa mendapatkan daging halal yang dekat dari rumah. Daging sapi/ beef without bone harganya GBP 10/1 kg , daging kambing/lamb with bone GBP 5,59/1kg, minced lamb/kambing giling GBP 8/kg, ayam kampung/ hard chicken GBP 3/ekor, ayam kecil/ baby chicken GBP 2,5/ekor, ayam sedang/medium chicken GBP 3/ekor, ayam besar/ big chicken GBP 4/ekor.
 
Kembali lagi dengan cerita awal, di dekat daerah seewoo ini juga ada fish market yang hanya ada pada hari jum’at dan dibuka jam 7.30-8.30 malam, kata teman yang sering kesini ikan-ikannya murah dibanding dengan harga di smalley alley dan di peri peri, karena kita membeli langsung dari pelayan. Bedanya kita harus membersihkan sendiri dirumah... lokasi fish market ini di RG2 7SZ didaerah lane barn, halte bus lane barn merupakan tempat kita berhenti jika akan belanja ke seewoo.

Fish market ini banyak pilihan ikan segar dan kita bisa mendapatkan kepala ikan salmon, tulang ikan salmon dan masih banyak lagi dengan harga yang sangat murah. Penasaran pengen berkunjung dan belanja ikan segar ke fish market ini, mudah-mudahan ada waktu dan kesempatan diantar sama abang kesini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar