Minggu, 11 November 2018

Stonehenge dari Reading dengan mobil

       Stonehenge adalah situs peninggalan sejarah yang berusia ribuan tahun yang lalu, situs itu diduga dibangun pada zaman perunggu. Stonehenge berasal dari dua suku kata yaitu Stone dan henge  artinya batu dan lingkaran. Ketika kami berada di museum stonehenge, kami dapat mendefenisikan bahwa situs ini adalah bangunan yang terdiri dari batu dibuat melingkar untuk keperluan keagamaan. Sejarahnya stonehenge dibangun untuk keperluan astronomi. batu disusun sedemikian rupa selaras dengan titik balik matahari. Kami kesana saat musim gugur sehingga bayangan kami berada didepan.


       Stonehenge berada di Amesbury, Wiltshire. sekitar 13 km dari Salisbury. Mengunjungi Stonehenge dari London sangat mudah, banyak tour-tour yang menawarkan paket perjalanan  ke batu terkenal ini.


       Menuju ke stonehenge dari Reading kami harus naik train ke stasiun Salisbury, lalu mengambil paket tour menggunakan bus, untuk paket keluarga (family ticket 2 adults+3 children) adalah sebesar 45.50 poundsterling ditambah ticket bus sebesar kurang lebih 55 pound. Karena kami bukan termasuk National trust member jadi kami harus membayar tiket masuk. Jika punya rencana untuk mengunjungi castle, park yang termasuk kedalam national trust lebih baik membayar iuran tahunan sebesar 99 pound dan kita bisa bebas masuk keseluruh castle, park atau situs dibawah national trust.

       Menghitung tiket masuk dan tiket train, akhirnya si Bapak memutuskan untuk menyewa mobil di www. enterprise.co.uk. Kami menyewa selama tiga hari dan hanya membayar 50 pound diluar asuransi, pengalaman menakutkan yang pernah terjadi yaitu kecelakaan di daerah Bayung Lincir Sumatera Selatan membuat kami membeli asuransi yang full cover, sehingga kami harus membayar sebesar 150 pound.
       harga sewa belum termasuk bahan bakar, selama tiga hari perjalanan kami menghabiskan sekitar £60 bensin.



       Perjalanan kami menggunakan Mobil dari Reading menuju Stonehenge nikmat sekali, karena sudah masuk musim gugurgugur selama perjalanan kami disuguhi beraneka warna dedaunan.
Normalnya mengenderai mobil hanya 1,5 jam saja tapi karena roundabout yang cukup membingungkan kami berkali-kali harus memutar arah, Karena salah salah memilih jalan keluar roundabout, sehingga kami sampai ke Stonehenge kurang lebih 2 jam.
       Parkir di Stonehenge gratis apabila kita masuk ke situs Stonehenge heritage, jika  sudah booking online dgn menunjukkan buktinya kita bisa langsung masuk, tapi jika kita belum beli tiketnya maka petugasnya akan meminta uang parkir sebesar £5 dan memberikan kita bukti pembayaran parkir, uang parkir ini bisa kita tunjukkan ke petugasnya dan biaya tiket kita akan dikurangi £5.
       Untuk menuju ke stonehenge kita bisa berjalan kaki atau naik bus yang sudah dipersiapkan oleh pengelolanya gratis. Kalau musim panas lebih enak jalan kaki, tapi karena saat itu udara sangat dingin ditambah angin yang bertiup bertubi-tubi tidak sepoi-sepoi lagi akhirnya kami memutuskan naik bus. Sebelum naik bus kita bisa meminjam headphone yang berada dibelakang tiket masuk, headphone menerangkan sejarah dari Stonehenge. 


       Setelah puas menikmati Stonehenge, kami menuju Salisbury dengan panduan Google maps, ternyata dia menuntun Kami masuk ke pedalaman Salisbury, tapi Alhamdulilah Kami tidak bosan malahan senang Karena masuk ke pedesaan Yang kanan kirinya perbukitan tempat mengembalakan kambing Dan sapi.


Reading, Oktober 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar