Kamis, 15 Juni 2017

Asam padeh salmon Antony's family

Sebagai orang Kerinci seleraku tidak jauh jauh dari masakan minang, apalagi selama 4,5 tahun aku kuliah di Universitas Andalas makin memantapkan lidah minangku.

Mamaku sangat gemar memasak, di meja makan terhidang beraneka masakan. sampai kami kadang bingung yang mana yang terlebih dahulu dimakan, karena semuanya main course hehehe itulah seorang ibu, beliau akan menyajikan yang terbaik untuk keluarganya.

Suasana lebaran akan sangat marak dengan menu yang memanjakan setiap anggota keluarga. Mama akan sangat hapal aku sukanya apa, suami dan anak2ku sukanya apa, kakak dan keluarganya sukanya apa, belum lagi adikku akan disediakan menu kesukaan masing-masing. Saat almarhum papa masih hidup, mama akan lebih semangat lagi menyediakan aneka cookies. Almarhum papa senang sekali ngemil cookies buata  mama. Pokoknya mama selalu menyediakan menu spesifik masing2 anggota keluarga.

Masakan favoritku adalah asam padeh ikan baung laut, nikmat sekali menyantapnya dengan nasi panas. Walaupun resep dan cara memasaknya sudah sangat hapal dan persis sama dengan cara mama memasak tetap saja rasanya beda. Kesimpulannya satu bahan yang tidak bisa aku sediakan, yaitu doa dan cinta kasih mama saat memasak untukku πŸ˜‚πŸ˜‚☺ wah jadi kangen sama mama... Semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan, kebahagiaan, kecukupan dan umur panjang bagi mamaku, Aamiin yra...

Nah sekarang ayo kita memasak ikan asam padeh ala Reading, karena banyak bahan yang tidak tersedia minimal rasanya mendekati asam padeh kerinci. Bagaimana dengan ikan baung? Saya belum menemukan ikan baung laut disini jadi pake ikan yang ada aja. Sebenarnya patin jg enak dibuat adam padeh, pilihan ku jatuh ke ikan salmon yang dibeli papa di fish market. Aku menggunakan dada dan sirip salmon, nikmatnya asam padeh itu adalah menyantap bagian yang lembut dari ikan seperti bagian dadanya. Aku kurang begitu suka asam padeh bagian daging ikan.

Asam padeh kincai by mama tata


Bahan-bahan nya yaitu

  1. Dada ikan salmon 500 gram
  2. Cabe merah 100 gram
  3. Kemiri 2 buah
  4. Bawang merah 5 siung (1 ukuran besar)
  5. bawang putih 3 siung
  6. Lengkuas 3 cm
  7. Jahe 3 cm
  8. Kunyit  cm
  9. 1 batang bagian putih sereh
  10. Daun salam 2 lembar
  11. Daun jeruk 3 lembar
  12. Daun kunyit 3 lembar (saya ga pake)
  13. daun ruku-ruku (untung masih ada)
  14. 2 keping asam kandis (saya pake air jeruk nipis)
Caranya

Cuci ikan lalu lumuri dengan air jeruk nipis dan garam.

Blender bumbu sampai halus, kecuali daun-daunan, lumuri ke ikan biarkan selama 15 menit sambil ditutup 


Masak ikan yang sudah dibumbui dan tambahkan air yang mendidih, masak sampai mengeluarkan minyak. Rahasia mamaku asam padeh gak boleh diaduk, kata beliau rasanya akan berbeda ☺πŸ˜ŠπŸ˜€πŸ˜‚

Terakhir tambahkan air jeruk nipis ( asam kandis/asam jawa)

sajikan dingin, asam padeh akan lebih nikmat dimakan keesokan harinya.

Selamat menikmati😊☺

Reading
15 juni 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar