Selasa, 06 Juni 2017

is it free or not council tax for dependant?



Setelah sampai di UK banyak hal yang harus kita urus selain melapor ke kampus, bagi student yang langsung membawa keluarga mencari tempat tinggal, mengurus sekolah anak, mendaftar internet, mendaftar energi dan air, dan mengurus bebas pajak.
rumah-rumah di Reading UK

Tulisan kali ini saya akan menceritakan tentang council tax, yaitu pajak yang dibebankan kepada penghuni rumah/flat yang tinggal untuk membayar pembuangan sampah, limbah air rumah tangga, pembersihan jalan dan lain sebagainya. Pajak yang dibebankan per orangnya sekitar £30 sangat lumayan bagi kami yang mengandalkan beasiswa untuk menyambung hidup di UK.

Sebagai student yang statusnya full time council tax ini tidak dibebankan alias gratis dengan syarat mendaftar ke council membawa surat keterangan dari kampus. Bagaimana dengan istri yang statusnya bukan full time student, apakah ikut membayar council tax?

Jawabannya istri/dependant yang ikut dengan suami dengan status full student  tidak membayar council tax dengan syarat di visanya tercantum “dependant restricted and no public funds”, awalnya saya dikirimkan surat untuk membayar council tax sedikit panik karena dari beberapa teman yang sudah di UK mereka gak dikiriman surat dan pengalaman ipar yang tinggal di Birmingham mereka otomatis tanpa harus membawa surat ke Council sudah free tax.

Akhirnya kami menghubungi keluarga pak Lexy laksmono meminta bantuan bagaimana sebaiknya mengurus bebas pajak padahal suami sudah mendaftar ke Council sebagai full time student. Alhamdulilah berkat bantuan pak lexy dan buk lea kami mendapat jawaban bahwa dependant yang visanya bertuliskan “dependant restricted and no public funds” bebas pajak. Karena banyak yang harus diurus dan masih culture shock kami tidak kosentrasi untuk membaca peraturan yang jelas tertulis di web yang dikirim pak lexy, terima kasih bantuannya pak lexy dan buk lea ini link yang dikirim oleh beliau;
Link tentang peraturan bebas pajak bagi full time student dan dependant bisa dibaca di https://www.ukcisa.org.uk/information--Advice/Fees-and-Money/Council-Tax#layer-3867

Permasalahan council tax belum berakhir Senin 20 Maret 2017 kami mendapat surat dari Council yang mengharuskan kami membayar tax £28,09 terakhir tanggal 24 Maret 2017 kalau tidak harus bayar denda £108, akhirnya kami ke Council menanyakan kejelasan status tax kami.
Ternyata full time student terhitung tanggal 9 Januari 2017 sesuai dengan yang tertera di CAS jadi sebelum tanggal tersebut kami diharuskan bayar council tax karena kami sudah menyewa rumah di Clarendon Road sejak tanggal 2 Januari 2017. Petugasnya menyarankan kami membayar saja karena setelah itu tidak ada lagi tagihan tax.Sebenarnya masih pengen nyari peraturan lagi sich bahwa student diperbolehkan masuk UK sebulan sebelum tanggal studi namun karena sudah lelah dan tidak punya energi untuk mencari-cari informasi, kami mengikuti syaran sang petugas untuk membayar sejumlah yang ditagihkan.

Alhamdulilah sesuai dengan janji sang petugas tidak ada lagi surat pemberitahuan bayar pajak yang datang dan mudah-mudahan dilancarkan hidup dan sekolah di UK, Aamiin yra...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar