Senin, 12 Juni 2017

Suasana Ramadhan di Reading

Alhamdulilah tidak terasa sudah 6 bulan kami merangkai cerita di negara Ratu Elizabeth II, ini adalah Ramadhan pertama kami di Inggris.
Reading UK

Banyak yang bertanya bagaimana rasanya puasa di sini😀, jawabannya suasana Ramadhan tentu saja berbeda dengan di Jambi. Namun nikmat ibadah hampir sama😀, walaupun harus puasa lebih kurang 19 jam.
Salah satu jenis kurma yang dijual di Rahim store Wokingham road

Tinggal di lingkungan yang banyak muslim membuat Ramadhan menjadi lebih semarak di negeri yang mayoritas non muslim ini... toko-toko banyak menyediakan kurma dan makanan khas puasa (kebanyakan khas pakistan, turki dan india).  Aku bisa dengan mudah mendapatkan kurma dengan berbagai jenis dan rasa, di Inggris ini lah aku jadi lebih mengenal berbagai varietas kurma dengan rasa yang khas. Kurma ajwa yang termasuk susah ditemukan bisa dengan mudah aku beli di toko muslim Rahim store. Harga kurma berkisar dari £0,50- £13 per pack (bukan per kilo tapi perbungkus dan masing-masing kurma di bungkus dengan berat yang berbeda).

Salahsatu display di Tesco khusus Ramadhan, banyak display yang seperti ini dan didiskon lebih dari 50%, minuman, beras, santan, sirup, daging halal, butter dan masih banyak lagi yang lain, Alhamdulilah mulianya bulan Ramadhan

Tesco salah satu supermarket terbesar di Reading, saat ini temanya Ramadhan mubarak dan beberapa item dihargai khusus untuk yang lagi puasa.

Izin pake fotonya ibu2 pkk Reading, menu iftar keluarga Prayogo

Sebagian keluarga di Reading, buk armila and fam  belum datang
Merantau membuat kita menjadi lebih dekat dengan sesama warga Indonesia, beberapa kali kami melakukan iftar bersama, baik di mesjid kampus UoR, dirumah pak prayogo (warga Indonesia yang sudah 16 tahun di Inggris) dan nanti nya akan berbuka bersama anggota PPI Reading di restoran Bali lounge ( restoran Indonesia di Reading)
Izin ambil fotonya ibu2 pkk Reading, menu iftar di mesjid UoR

Tips puasa di Reading:

  1. Masaklah secukupnya karena kita tidak akan sanggup untuk menyantap banyak makanan, mengingat jarak berbuka dan sabuh hanya 5 jam kurang. Keluarga kami termasuk yang suka makanan yang fresh from the oven jadi saya akan memasak jika anggota keluarga tercinta akan makan selain nikmat jg makanan akan langsung habis dan tidak menyisakan untuk dibuang.
  2. Selalu sediakan kurma sebagai makanan yang menambah energi puasa
  3. konsumsi buah yang banyak, untungnya tinggal di Inggris buah2an yang mahal di Indonesia sangat murah, sebaiknya puaskan mengkonsumsi bauh2an lokal dan tentunya buah2an impor lebih mahal. Kami lebih memilih mengkonsumsi apel, anggur, Sunkist dll ketimbang semangka, mangga, rambutan dan pepaya...  Harga 6 buah apel £1,50 ;harga anggur satu pack £2; pear £2; 6 buah kiwi £1,50; beries £2/ pack sedangkan buah pepaya ukuran sedang £5-6; semangka ukuran medium £6, 4 buah rambutan £4,50; 1 buah mangga gedong gincu £1,90
  4. Makan sayur yang seimbang
  5. Hibur diri dengan memakan sedikit gorengan hehehe, setiap berbuka aku biasa menyajikan gorengan dengan cuko, variasinya yaitu bakwan, pistel, risoles, tempe goreng dan tahu isi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar