Selasa, 06 Juni 2017

mencari akomodasi di Reading UK


Reading UK termasuk kota yang mahal untuk akomodasinya dibanding dengan daerah lain. harga sewa rumah/flat hampir sama dengan daerah London. Rumah/flat dengan 2 kamar tidur harganya berkisar £900-1200, kamar dengan konsep house sharing £400-500 dan studio dengan satu kamar £500-700.
Suasana Clarendon road tempat tinggal kami


Setelah bang dedy diterima di Universitas of Reading kami sudah ancang-ancang mencari akomodasi dengan melihat situs penyewaan rumah/flat, betapa terkejutnya kami harga untuk akomodasi bisa menghabiskan uang sebulan beasiswa karena 6 bulan pertama kami masih hidup dengan living allowance untuk bujangan £1050.

Rumah sewa kami

Setelah kepastian beasiswa kami menghubungi PPI Reading yang saat itu diketuai oleh pak Habbiddin Wuni banyak diskusi tentang kehidupan di Reading dan akhirnya beliau memperkenalkan suami dengan mas Aviandi okta maulana.

Setelah banyak berdiskusi akhirnya dengan bantuan mas aviandi dan istri mba erina kami dicarikan rumah, ada beberapa alternatif yang ditawarkan, akhirnya kami memilih rumah di jalan Clarendon. Rumah ini dipilih selain tentunya lokasi yang dekat dengan kampus, dekat dengan penjual makanan halal serta dekat dengan beberapa keluarga Indonesia (keluarga mas aviandi dan buk naila) tentunya harga rumah yang masih menyisakan sedikit uang untuk membayar rekening yaitu £950/bulan.
Suasana baru menempati rumah sewa, ini daerah kekuasaanku hehehe dapur...


Padahal ada pilihan yang lebih baik yaitu satu flat dengan keluarga mas aviandi, namun harganya menghabiskan satu bulan living allowance yaitu £1050/bulan. Semua aplikasi dan proses penyewaan rumah dibantu oleh mereka, syukur alhamdulilah dipertemukan dengan orang-orang baik mudah-mudahan Allah SWT membalas kebaikan mas aviandi sekeluarga.

Penyewaan dilakukan saat kami masih di Indonesia, menghubungi pihak penyewa (adam estate) dan viewing dilakukan oleh mas aviandi. Setelah foto-foto hasil viewing dikirim dan kami menyetujui untuk menyewa proses kontrak dilakukan via email dengan agen.

Poses kontrak dilakukan oleh satu orang agen dia akan aktif mengirimkan email dan menjawab pertanyaan seputar isi kontrak. Dibutuhkan biaya part reservation fee £500, untuk memastikan kita setuju ingin menyewa rumah. Sebagai warna non UK kami diharuskan membayar sewa 3 bulan terakhir, sewa awal, deposit, dan admin fees. Total yang harus kami bayarkan adalah £5416.94

Rincian biaya sewa rumah adalah;
First rent payment   = £950
Last 3 months upfront rent = £2850
Refundable security deposit = £1425
Admin fees = £600

Beberapa situs penyewaan rumah/flat, masih banyak situs pencarian rumah yang lain;
www.zoopla.co.uk

Kami menyewa rumah yang full furnished, namun perlengkapan lain seperti peralatan memasak dan perlengkapan tidur masih harus dibeli. Kami ditemani oleh mas aviandi membeli semua perlengkapan di Wilko, dana yang dihabiskan untuk membeli perlengkapan rumah adalah sekitar £300 mencangkup dapur, kasur, kamar mandi, hoover, blender dll.
Petugas pangambil sampah, keren banget gak perlu seperti di Indonesia yang harus duduk bersama sampah2, truknya ada alat otomatis jadi petugas hanya mendorong tempat sampah saja


3 komentar:

  1. Pagi Mbak, apakah masih tinggal di Reading? Kalau masih, ada bbrp hal yg mau saya tanyakan jika berkenan... Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mas Dani, saya Masih tinggal Di Reading.. silahkan kalau ada Yang mau ditanyakan..

      Hapus
  2. Ada rekomendasi utk student accommodation disekitar Univ of Reading mbak? Terima kasih.

    BalasHapus